Monday, July 27, 2009

Malu bertanya emg bikin sesat dijalan, tapi kalau terlalu banyak nanya = malu2in!!

Saya lagi super kesel sama adek saya. Dua-duanya!
Jadi adik saya yang pertama itu sekarang udah lulus SMA, dia jadi ga ada kerjaan dirumah. Makan-Tidur-Main Internet-Main sama hamster-makan-nntn tv-main sm kelinci-main internet-tidur gitu terus kerjaannya tiap hari. Karena dia bosen tiap internetan fesbukan doang akhirnya dia minta diajarin bikin blog. Dan special requestnya blognya templatenya harus sapi, oke saya gantiin. Kedua, blognya harus ky pny saya ini yg ada listening, reading, watching, dll-nya itu. Oke gpp saya benerin. toh masih pertama jadi ga seberapa pusing liatnya. Ketiga dia minta dipromosiin ke fesbuk dan dia minta diajarinnya ngotot. Oke, I'm getting mad! then i shouted her "Why don't u do it by ur self then?"
Kenapa saya teriakin dia, karena saya sudah secara jelas menjelaskan caranya tapi dia ga mau benerin sendiri, maunya saya yang jelaskin step by step dan ngeliatin dia. Ck....
Trus ada lagi, dia mau belajar main Polyvore, yang ini juga gitu. Maksud saya ya saya jelasin fitur2nya secara garis besar, yang ini gini, nyarinya disini. Eh, mending kl bisa jalan sendiri, la ini nyari tulisan create set dimana aja kudu ditunjuk lurus-lurus tulisannya. Kalau gak gitu selalu triak-triak ga ketemu. Oh, come on! Diliat dulu dong tulisan di seluruh layarnya, kalau di seluruh layar itu ga ada silakan tanya dan saya akan dengan senang hati nunjukin. Kecuali kalau tulisan itu ada di halaman lain dan ga ada di situ silakan teriak teriak panggil saya. Masalahnya tulisan itu ada di halaman yang sama, cuma karena tidak sebesar font judul ya memang harus teliti carinya.
Trus dia juga mau main Looklet ini kasusnya sama juga sama polyvore, minta ditunjukin satu-satu sampai ganti wajah modelnya.
Nah sekarang adek saya satunya, kalau ini masalah pet society. Jadi ceritanya Petsos itu minggu ini punya feature baru. Pet-nya bisa mancing. Nah, adek saya yang kecil ini ga ngerti caranya mancing itu ya udah saya tunjukin. Karena instruksinya lewat chat, dia mungkin ga ngerti. Akhirnya saya jelasin satu-satu. Tapi begitu saya tanya "Ngerti gak?" dia jawab "yayaya ngerti" nah setelah itu yang ngeselin masa dia nanya "Danaunya dimana toh?" GUBRAK!! ya ampun, makanya kalau dapet newsletter yg ngasih tu feature baru tuh ya dibaca. Padahal jelas-jelas di sana dibilang **U can find the lake in the middle of the town after u go out from ur house" jelas dan clear sekali. Dan danaunya itu di bawah rumah pas, ga jauh sama sekali. dengan sekali klik bisa nyampe situ.
Trus ketka tiba waktunya memancing, dia masih bingung lagi padahal di bawahnya ada instruksi yang ditulisnya jelas bgt. Dia juga mengeluh makanannya ilang terus padahal ada instruksi **Don't reel if the fish struggling** FYI, adek saya ini anggota klub englih debate di sekolahnya, jadi saya yakin da tidak bermasalah sama sekali dgn bahasa inggris.
Halah, saya nggak tau kenapa saya super kesel hanya karena ditanya-tanya. Mungkin karena saya terlanjur ngerasa penjelasan saya itu udah gamblang dan jelas. Mungkin karena saya terbiasa belajar apapun sendiri, saya selalu ketemu cara-cara game tanpa tanya-tanya orang. Bahkan saya belajar bikin presentasi power point tanpa diajarin siapapun.
Saya dulu bikin blog ya bikin sendiri, saya utek-utek sendiri. Saya main polyvore juga ga ada yang ngajarin, main looklet lebih lagi, ga ada yg mandu sama sekali, saya cari-cari sendiri. Kalau saya mentok ga tau baru saya nanya. Itupun nanya seperlunya, bukan nanya annoying yang sampai minta dituntun.
Pernah sih saya nanya caranya bikin template blog sama Steph tapi saya usahain kalau ga mentok dan di google ada saya belajar sendiri.
Bukannya sombong, tapi kalau kita mau usaha sedikit dan agak mau bersusah mengoprek fitur-fitur pasti bisa kok. tanpa harus nanya orang lain. Memang nggak langsung bener, tapi belajar dari kesalahan. Kalau sudah tau disitu salah ya jgn lewat jalan itu, cari jalan lain.
Bukannya saya pelit bagi-bagi ilmu, tapi kalau nanyanya keterlaluan dan minta dituntun dari awal sampai akhir itu annoying, seperti saya jelasin di awal tadi kalau sudah dikasih tau cara-caranya dan jelas-jelas tempatnya ada di halaman itu ya dicari sendiri dong, jangan nanyanya aja diduluin. Oke, kalau install the sims atau game-game lain yang diaga tau saya ga keberatan ngajarin. Tapi saya dulu install the sims ga diajarin siapa-siapa bisa kok, asal rajin aja baca tutorialnya, ok it's in english tapi kan bisa sekalian buat belajar.
Bayangin, cari tulisan create set di polyvore atau nyari tulisan create new look di looklet aja masa minta ditunjuk sampai ketemu.
Ah, crap u my sista. It's my PMS Period and u ruined my day with all those question! Shame u,i'm disturbed.


Quote of The Day: malu bertanya sesat di jalan, bertanya setiap satu tikungan = ganggu orang


1 comment:

Anonymous said...

itu sich manja plus males alias MEOK... Mau Enak Ogah Kerja...