Tuesday, July 21, 2009

Ngrumpi sama Anak kecil

Saya mau cerita tenntang kebiasaan saya ngerumpi di sore hari.
Tapi saya ngerumpinya bukan sama orang dewasa yang seumuran saya. Kali ini agak lain dari biasanya. Kalau biasanya ngerumpi sama sahabat-sahabat saya, kali ini saya ngerumpi sama anak-anak kecil. Masih SD, TK, bahkan ada yg belum masuk sekolah. Tentu topik rumpiannya juga beda kalo saya ngerumpi sama best friend saya yg sudah "mateng" itu.

Kebetulan entah kenapa saya agak terkenal di kalangan anak-anak kecil. Setiap mereka main sepeda sore-sore saya selalu dipanggil. Dan kalau kebetulan saya ada dirumah ya saya ikutan.

Kebetulan juga saya punya kelinci ganteng yang anteng banget yang suka saya pake-pakein pita (padahal kelincinya cowok) dan suka saya pakein bedak jadi baunya wangi banget. Anak-anak itu jadi ngefans banget sama kelinci saya karena si cilik manut aja kalau diuyel-uyel sama anak-anak kecil itu.

Dari kebiasaan saya yang suka ngumpul-ngumpul sama anak-anak itu saya jadi suka dengerin celotehan mereka yang kebanyakan polos itu. (kadang-kadang capek juga sama percakapan sama orang-orang sebaya saya)
Salah satu cerita sehari-hari mereka adalah kebiasaan mereka di sekolah, betapa mereka sebel bangun pagi.

Tapi rumpian nggak serius ini berubah jadi agak serius kemaren sore.
Berumula dari keisengan saya menyuapi kelinci saya roti kukus. Tau kan roti kukus. Bolu yang bentuknya mirip cupcakes tapi bikinnya dikukus. Tiba-tiba mereka dateng ke saya, tidak bertanya tentang roti kukus itu sama sekali karena mereka sudah tau kalau kelinci saya doyan kue apapun (kecuali brownies dan tiramisu)

Selang beberapa lama tiba-tiba ada anak kecil lain dateng. Kebetulan anak kecil yg baru dateng itu adalah anak dari sekumpulan keluarga pemulung yang membangun rumah di sawah depan perumahan tempat tinggal saya. rumahnya ya dari kardus gitu. U know, kadang saya suka ironis kalau liat pemandangan itu. Kebetulan pemulung itu bangun rumahnya agak ke belakang daerah rumah saya mungkin biar deket sama sungai. Nah di depan kumpulan rumah pemulung itu ada rumah besar dengan mobil yang tiap hari datang dan pergi. Ironic isn't it?

Kembali ke topik anak pemulung itu yang kebetulan dateng bareng kakaknya yang sudah agak besar (selanjutnya sebut saja sebagai budi dan ani *coz i don't know their real name) melihat saya memegang roti kukus yang sedang dalam perjalanan menuju mulut kelinci saya. Tiba-tiba dia turun dari sepedanya dan berkata
Budi : Mbak, minta kue... kue ituuuu *sambil mengadahkan tangan dan memasang ekspresi memelas*
Saya : *bengong*
Budi : Mbak mau itu, nyuwun mbak.....
Saya : *Masih bengong*

Pertama-tama saya jelasin dulu kenapa saya bengong. Pertama, sumpah saya baru kali itu tau ada anak kecil bisa kaya gitu. Mungkin wajar aja kalau ada anak kecil yang kepengen ketika melihat temennya atau orang lain punya makanan yang dia punya. Tapi baru kali ini saya liat ada anak yg langsung mendatangi dan mengadahkan tangan.

Saya jadi bertanya-tanya, apa dia begitu karena sering diajak orang tuanya mengemis ya. FYI, saya tau persis anak itu sering diajak pergi mengemis sama orang tuanya karena mereka pernah terlihat di kampus saya dan beberapa kali saya ketemu di lampu merah depan kampus. Kenapa saya menduga gitu, karena dia memasang ekspresi memelas yang biasa kita lihat pada pengemis yang ada di pinggir jalan. Setelah itu percakapan masih berlanjut

Saya : Aduh, maap ya bukannya ga boleh tapi kuenya tadi bekas dijilat kelinci
Budi : *masih mengadahkan tangan dan pasang wajah memelas*
Ani : Njaluk neh ndang mbak, sing anyar *Minta lagi dong mbak, yang baru*
Saya : Aduh, di dalam abis tuh, udah ga ada lagi.
Ani : *bengong sambil ngmg hah?*
Budi : *masih mengadahkan tangan dan pasang tampang memelas*
singkat cerita mereka pergi karena saya geleng-geleng terus.

Sementara itu teman-teman kecil saya bengong ketika saya sedang berdialog dengan ani dan budi. Setelah ani dan budi pergi baru mereka berkomentar. Berikut saya tulis dalam bentuk percakapan aja ya karena saya males merubah jadi bentuk cerita
Isni : Kak ajeng, kenal to sama anak-anak itu
Saya : No, Dear. Biasanya juga ga pernah deket-deket. Baru sekarang. Kenapa?
Vira : Kasian ya nggak punya tivi
Saya : *bengong sejenak* lho apa hubungannya?
Vira : Ya, jadi ga bisa Bahasa Indonesia. Diajak ngomong hoh hah hoh hah aja
Saya : oalah..... gitu kah dear?
Isni : Iya ya kasian, sayang tivi dirumah cuma ada 1. kl ga kan isa dikasih. Aku aja bisa bahasa Inggris sering ngmg bahasa Inggris sm kakak ajeng, mereka malah ga bisa bahasa indonesia *disuarakan dengan nada polos dan tanpa bermaksud pamer*
Vira : Ah, kak isni. Mereka kan nakal suka minta-minta uang orang padahal kata bu guru agama Allah tidak suka sama pengemis. Harus bekerja keras kalau pengen dapet uang. Spt abah dan umi.
Isni : Kakak dulu pernah tulis surat ke pak presiden bilang kalau di dekat rumah aada perumahan pemulung, trus anak kecil nakal juga. Kakak juga tulis biar si budi itu tadi dibeliin sepeda jadi sepeda kakak ga dinaikin terus setiap dikeluarin.
Saya : Lo, sepedanya kak isni boleh dong dipinjem. Kan ga boleh pelit sayang
Isni : Sebenernya sih boleh aja kak, tapi dia minjemnya ngeselin soalnya. Kalo aku mau pulang masa sepedanya ga boleh diambil.
Khansa: Iya, mobil-mobilanku juga diambil ga dikembaliin campe cekarang
Maria: Sandalku juga dibawa pulang.
Isni : Iya kak, dia sering ngambil barang tanpa ijin. Trus suka minta-minta juga
Vira : Pak Presiden kok diem aja ya. Padahal Pak Presiden bapak kita semua mestinya dia bilang ke budi kalau gitu itu ga boleh.
Khansa: Pak Pleciden kan lagi sibuk ngurucin Bom di Jakalta jadi budi ditelpon aja. Jadi bandel deh. Aku kalo bandel cama ayah diliatin sampe aku takut, kl telpon aja kan ga bica.
Maria: Besok tulis surat buat Pak Esbeye yuk. Bilang sama pak sby suruh kasih uang sama budi biar dia sekolah terus beli sepeda trus beli mainan, jadi nggak gangguin kita. Trus kita bilang juga sama Pak Presiden suruh mereka pindah dari situ biar punya rumah kaya kita

Sebenernya percakapan itu masih panjang, tapi intinya tetep sama. Ini Budi, Budi dan Ani ga punya uang buat Beli Sepeda.

Ga mungkin saya jelasin BLT, PNPM, KUR, dll itu ke teman-teman kecil saya. Biarlah mereka mikirin mainan aja, ga usah ikut mikirin negara yang besar ini.

Semoga Postingan ini dibaca Anggota Dewan yang gajinya puluhan juta perbulan tapi masih ngeluh minta tunjangan

Semoga Postingan ini dibaca Koruptor yang kepekaannya kalah sama anak umur 5 tahun

Semoga Postingan ini dibaca para teroris yang menganggap dirinya sedang berjihad. Lebih baik jihadlah untuk anak-anak macam Budi dan Ani

Semoga Postingan ini dibaca Bu Mega dan Pak Prabowo yang dalam program kampanyenya berjanji menuntaskan kemiskinan. Biar mereka makin tau di Indonesia masih banyak anak macam Budi dan Ani, jadi ga perlu nunggu jadi presiden buat bantuin pemerintah supaya budi dan ani bisa beli sepeda

Semoga Postingan ini dibaca Pak Esbeye, Pak Jeka, dan Pak Boediono agar mereka lebih serius lagi memikirkan bagaimana caranya rakyat dapat hidup sejahtera

Sudah ah, saya mau mandi


No comments: