Monday, January 18, 2010

Begadang Jangan Begadang

Doohh.. dangdut banget ya judul saya ini. haha.. tapi saya jamin isinya ga berhubungan sama sekali sama dangdut.

Sebelumnya saya mau pengakuan dosa dulu. Nah ini baru ada hubungannya sama judul yang dangdut banget itu.
Saya ini susah banget tidur cepet. paling cepet jam 11, itupun jarang banget. Seringkali jam 12 bahkan lebih saya baru bisa merem. perlu dicatat, saya tidur jam segitu bukan karena terlalu banyak minum kopi atau tidur siang. Saya tidur jam segitu tanpa doping apa-apa. Tanpa kopi, tanpa tidur siang. Bahkan kalau saya siangnya minum kopi (walaupun hanya nescafe latte atau pas iseng nongkrong di starbucks kalau pas ke luar kota) atau sempet tidur siang beberapa jam, malamnya saya pasti tidur lebih dari jam 1 malam.
Mungkin gak masalah kalau sekali-kali ya, tapi ini terjadi hampir setiap hari. Dalam seminggu saya cuma bisa tidur jam 11 sekali atau 2 kali. Bahkan ada kalanya saya capek banget dan pengen having early night, saya jam 8 masuk kamar, matiin lampu,tv,hp,dan kunci pintu kamar. Tapi saya bakalan cuma kedip-kedip di atas tempat tidur, bolak-balik, dan jatuhnya tidur jam 11. ckckckck
Papa mama saya sering banget negur saya karena kebiasaan tidur late night itu. Karena saya pasti susah bangun buat tahajud dan subuh kalau tidur malem gitu. But mom, pap, just believe that i hate that habit too, aku juga mau tidur normal, tapi gak bisa.
Kemaren saya pulang Kediri, seperti biasa ritual kalau pulang pasti nonton Eurosport bareng papa. Entah kenapa kemaren EuroSportnya gak asik, akhirnya nonton BBC bareng papa. Di BBC Knowledge ada tayangan tentang bahaya kurang tidur. Bisa menyebabkan obesitas, turun konsentrasi s/d 60%, makan dalam jumlah lebih banyak, dan yang paling parah menyebabkan Radang Selaput otak. Resiko terkena penyakit-penyakit diatas bakalan lebih besar jika tidur kurang dari 5 jam sehari. Naahhh... happy-lah papaku. Langsung bila "Nah... itu tuh dengeriiinnn... Ojo sering tidur malem2"
Well, saya hobby tidur dan gak pernah kurang dari 7 jam sehari. Nah masalahnya, kalau tidur jam 11 malam selama 7 jam saya seringnya kelewatan sholat subuh. Ah, dilema saya dilema.... Segala cara saya coba, tapi tetep saya hobby begadang. kemarin malem aja saya tidur jam 1 malam.
Anyone may have some advice biar saya ga begadang tiap malam?

5 comments:

PRIMA, said...

coba minum susu dan cuci muka plus aromaterapi

sararocks said...

Wah, kalo gejala insomnia ini udah saya alami lumayan lama mbak...

Apalagi kalau kerjaan lagi banyak, wah udah pas banget deh itu ide2 keluar tengah malem -_-'

Aku juga sempet ditegur mama gara2 ini, soalnya anemiaku jadi sering kumat dan katanya bikin darah tinggi juga. (aneh kan ya? padahal aku lho darah rendah, makanya punya anemia)


Dan sekalinya tidur cepet itu karena emang udah cuuuaaapeekkk poll gara2 seharian jalan2 ke sana ke mari dgn kegiatan yg ga henti2. Kalo udah gitu biasanya aku langsung tepar :D


Biasanya aku suka mendoktrin diri sendiri kalo kepala lagi suka bekerja tidak pada tempatnya (baca: berpikir), biasanya aku bilang dalam hati: think about nothing. Karena nothing itu ga punya bentuk jadi ptakku berhenti berpikir and I finally fall asleep. Soalnya penyebab aku nggak bisa tidur itu biasanya gara2 pikiran yang ke mana2, jadi harus distop hehe.


ORRR, tips paling jitu adalah baca handout kuliah atau buku boring sebelum tidur. Dijamin, pasti langsung merem bahkan sebelum bukunya dibuka ;D

fajarembun said...

hm...di buat supaya bisa cepat tidur aja che..hehe..

Anonymous said...

fmvcw [url=http://www.milesplit.us/members/Tadalafil/]cialis tadalafil 20mg[/url] qyqggij

zput said...

percaya ato ga, dl pas jaman2na skripsi sempet aq insomnia hampir 2tahun, dari awal ngerjain skripsi sampe lulus sampe pindah malang ngalamin insomnia parah. knp aq sebut insomnia parah, soalna aq br bs tdr "Paling" cepet jam 6 pagi. standarna jam 6-7 lah.
duuuwwhh rasana kesiksa banget.
awalna sie krn pusing, vertigo, trus bl salah satu merk obt yg memank sbnna ga pernah aq minum, tnyt obtna keras n nyebabin insomnia. mungkin jg karena pas wkt itu kepikiran skripsi.
tp ya itu td do nothing. ga ngerjain skripsi walo semlm suntuk begadang.
kebayang deh kesiksana, untungna uda ga ada kuliah lg. tp pas seminar ato kompre yg jam 8 ato jam 10 pagi gt, asli ngantuk bgt. dipaksa ga tdr tu.
sidang akhir jam 1 siang, parah itu bener2 maksain diri buat ga tdr. soalna kl tdr pasti bablas de.
kl skrg sie alhamdulillah uda sembuh. tdr jam 11 itu udah dirasa wajar.
tau ga obtna biar bs tdr cpt? kerja! haha beneran lo. pas uda mulai kerja gt, khan kerja dr jam 8 ampe jam 5, cape rasana bukan main.
dl pas sblm kerja di mlg, pas msh kerja di sby malah jam 8nan uda tdr.
skrg pas d mlg krn kerjaan "agak santai" jadi jam 11 itu msh dlm tahap standar lah.
hehehe

aniwei semoga cpt sembuh insomniana yaaa