Monday, March 30, 2009

Harus Bisa- Dr. Dino Patti Djalal



Buku berjudul Harus Bisa! Seni Kepemimpinan a la SBY ini ditulis oleh Dr. Dino Patti Djalal. Dino tadinya terkenal sebagai diplomat di Deplu RI sebelum akhirnya ditunjuk sebagai Staf Khusus sekaligus Juru Bicara Kepresidenan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk urusan luar negeri.
Buku ini dibagi menjadi 6 bagian besar:

1. Memimpin dalam Krisis
2. Memimpin dalam Perubahan
3. Memimpin Rakyat dan Menghadapi Tantangan
4. Memimpin Tim dan Membuat Keputusan
5. Memimpin di Pentas Dunia
6. Memimpin Diri Sendiri

Jujur, Buku ini adalah buku serius (dalam arti menunjang materi kuliah saya , karena semester ini saya mengambil Mata Kuliah Leadership atau Kepemimpinan) yang selesai saya baca dalam satu hari. Dan dluar kebiasaan saya yang paling ogah mengulang membaca buku materi kuliah saya, saya malah mengulang membaca buku ini sebanyak 3 kali.
Buku ini adalah Buku serius yang pertama saya bawa ketika saya ke kamar mandi, menunggu mie instant saya matang, duduk di depan kandang kelinci, bahkan buku ini juga saya bawa ketika saya ngafe di Mall, dan saya baca ketika saya berdiri dalam antrian di 21 cineplex.
Bab Favorit saya adalah Bab 11 Memimpin = menghormati para pendahulu. Di bab ini diceritakan bagaimana Presiden SBY begitu menghargai Presiden-presiden pendahulunya. Di Istana Negara sekarang terdapat barang-barang kesayangan dari Presiden terdahulu yang tidak pernah dilakukan atau dipajang oleh Presiden Pendahulu SBY. Juga diceritakan kebijakan SBY yang tidak pernah menjelek-jelekkan pendahulunya dalam semua Komunikasi Publik.
Ada juga Percakapan SBY-Andi Malarangeng- Dino Patti Djalal yang kelak jika saya menjadi pemimpin (amin) ingin sekali saya terapkan dalam diri saya.

Saya teringat suatu makan siang bersama Presiden dan Andi Malarangengdi Istana Negara. Entah bagaimana pembicaraan berbalik arah menjadi sikap SBY jika kelak tidak menjadi Presiden
SBY: "tidak apa-apa. Semua pemimpin ada masanya. Kalau masa bakti saya sudah habis, saya harus berhenti. Saya harus siap dan Ikhlas menerimanya. Mengapa? karena selama mengemban tugas dan amanah saya telah melakukan yang terbaik. Saya yakin Allah SWT dan sejarah akan mencatat sekecil apapun hati, pikiran, dan upaya saya untuk memajukan negeri ini.
Andi Malarangeng menanyakan apa yang akan beliau lakukan nanti
SBY: Jadi Warga negara yang baik. Saya, Insya Allah tidak akan mengganggu siapapun yang akan memimpin negeri ini kemudian. Karena saya tahu menjadi Presiden, terlebih pada masa Transformasi ini sangat tidak mudah. Justru saya ingin tetap berkontribusi pada kebaikan bangsa kita"
Dino Patti Djalal bertanya: "Tapi tidak mungkin kan bapak duduk-duduk du rumah saja setelah menjadi warga biasa. Apa Bapak ada Keinginan khusus?"
SBY:"saya ingin membangun perpustakaan dengan buku-buku yang cukup, agar bersama teman-teman bisa membicarakan apa saja yang dapat kita lakukan untuk rakyat, membantu Presiden dn Pemerintah yang sedang menjalankan Tugasnya
- Dikutip dari Buku Harus Bisa (seni Memimpin ala SBY) oleh Dr. Dino Patti Djalal, Bab 11 Halaman 100-101

Selain kalimat diatas, masih banyak sekali yang membuat saya salut sekali Pada sosok Pak SBY
Di buku ini juga diceritakan bagaimana seorang SBY mempunyai naluri yang kuat dalam pengambilan keputusan. Semula orang boleh bertanya-tanya, mengapa SBY mengambil keputusan demikian yang kadang-kadang membuat orang yang tidak mengerti masalah akan tercengang.Dengan nalurinya yang kuat, diungkapkan dengan informasi yang ada, SBY bisa membuat putusan yang tepat, tanpa menunggu-nunggu. Karena kalau mesti menunggu keadaan akan semakin bertambah parah.
Misalnya Keputusannya mengunjungi aceh pada 2 hari setelah Tsunami. Aau keputusannya menaikkan harga BBM dan memberikan subsidi BLT (subsidi BLT inilah kebijakan SBY yang menurut saya paling tidak tepat dari semua kebijakan beliau. tapi setelah membaca buku ini baru saya mengerti kenapa begitu)
Diceritakan pula, bagaimana SBY yang seorang Presiden selalu ingin tepat janji dan tepat waktu. Beliau selalu siap 10 menit sebelum acara dimulai.
Di dalam Buku ini juga ada foto-fotonya. dan Foto Favorit saya ada di halaman 392-393 yang menggambarkan Presiden duduk di Ruang Sidang OKI di senegal dimana ruangan itu masih kosong melompong karena Pemimpin negara Lain belum datang.
Ada juga kisah Nada, anak kecil korban tsunami yang sukses menjadikan SBY "kurir surat" Baru kali ini saya berkaca-kaca waktu membaca buku Leadhership.
Ada satu lagi kata-kata dalam buku ini yang membuat saya angkat jempol yaitu "Bangsa yang besar adalah Bangsa yang tahu berterima kasih pada negara lain yang membantu kita"

Saya membaca buku ini bukan karena saya Pecinta SBY (tapi saya akui saya memang salut pada beliau). Saya juga membaca buku Pak Wimar Witoelar tentang Gus Dur, membaca buku tentang Pak Harto dan Pak Karno, Buku tentang Bu Mega dan Pak Habibie juga saya Baca. Karena memang menurut saya, semua Presiden yang pernah atau sedang memimpin Indonesia adalah orang-orang terbaik yang memang ditakdirkan memimpin bagsa kita. Jadi bukan SBY saja yang baik, semua baik. walaupun dengan kebijakan dan jalannya masing-masing.
Jadi, sudah sepatutnya menurut saya siapapun Presiden dan pemerintah yang sedang memimpin dan menjalankan tugas, dari golongan manapun, dari partai manapun, sudah sepantasnya sebagai rakyat kita mendukung dengan sepenuh hati.
Seorang pemimpin dipilih untuk ditaati dan bukan Untuk dicela. Benar, tidak??

Banyak orang (termasuk kakak saya) yang menganggap buku ini Kampanye SBY dan Partai Demokrat. (salah satunya mungkin karena sampul depannya warna biru) tapi saya pribadi tidak menganggap demikian, Karena saya membaca buku ini bukan untuk mengetahui kebaikan SBY bersama Partainya. melainkan untuk mengetahui bagaimana sih seluk beluk kepemimpinan Presiden, cara mengambil keputusan sehari-hari pertimbangannya dalam pengambilan keputusan darurat, dan sama seperti ketika saya membaca buku Wimar Witoelar yang berjudul "No Regrets" saya merasa salut sekali, Betapa besar beban seorang Presiden, Berfikir tentang rakyat, kebijakan Luar Negeri, Belum lagi jika ada bencana seperti yang terjadi di Situ Gintung, atau Tsunami pad 2004.

Buku ini sungguh layak dibaca. Terutama bagi teman-teman seangkatan saya yang sedang getol-getolnya berjuang untuk menjadi Generasi Masa Depan yang dapat Memajukan Indonesia, juga sangat layak dijadikan Referensi bagi Caleg-caleg yang sedang getol mengumbar janji Kampanye diluar sana. atau oleh anggota DPR/DPRD yang terhormat.
Rencananya kalau saya pulang kampung, saya akan bawa buku ini dan menyuruh Papa saya membaca sampai selesai agar beliau menjadi semakin arif dalam memimpin pegawai di dinasnya.
Dan berkat buku ini, tugas mata kuliah Leadhership saya dapat nilai A! Hore.....

Saturday, March 21, 2009

Harry Potter and The Half Blood Prince Trailer

Really can't wait to see this movie.
July?? Such a long time away!!
I miss my Ron Wealey.... I cant wait to see his Quidditch and also his Love Potion Scene
I miss Harry Potter movie!!!!!!





Friday, March 20, 2009

Novelku, sayangku, cintaku

Akhir-akhir ini suka keseeeeeeeellll.... bgt
kenapa?? Karena......
Ck, sebenernya sepele sih masalah yang akhir-akhir ini bikin saya ngambek sama temen-temen dunia nyata saya. Tapi buat Saya nyebelin sih.....
Gini lho, Jadi ceritanya saya ini kan koleksi novel, ada 3 lemari besar (dan penuh) isinya novel semua. itu belom termasuk novel yang dirumah kediri. Dan novel saya yang bejibun banyaknya itu suka dipinjem sama temen-temen saya.
Saya oke-oke aja kalau mereka minjem, malah suka saya suruh dateng kerumah sendiri kalau saya pas pulang kampung. bahkan kadang-kadang temen saya yang baek-baek itu kalau minjemnya agak lama novel saya pas dibalikin suka ada bonusnya. Disampul plastik sama temen saya yang minjem itu. Hahaha... Mereka tau aja kalo saya suka bgt novel saya balik dalam keadaan lebih bagus. hehehe....
Tapi, ada juga temen saya yang minjem, tapi bikin sebel. Mereka itu adalah peminjam yang balikinnya lama, uda gitu balikinnya dalam keadaan lebih jelek. Kusut, lecek, Kelipet sampulnya atau ujung bukunya, Bahkan kadang-kadang ada bonus sarang laba-laba di novelku itu!
Arrrrrrrggggggghhhhhh!!!!MySpace
Yang minjem itu gag ngerasain aku dulu Belinya. Salah satu novelku yang lecek itu Harry Potter and the Orded Of The Phoenix. Dulu aku beli itu bener-bener saving uang saku. sampe ga jajan sebulan demi prepare uang beli novel itu. Ga beli pulsa, mijetin mamaku biar dpt tambahan uang saku, ngumpulin uang receh sisa belanja si Mak'e, pokoknya pengorbanan. Dan betapa keselnya aku ketika Beberapa hari yang lalu novel itu balik dalam keadaan lecek, Kucel, sampul plastiknya sobek, halamannya banyak yang kelipet, ck, rasanya pengen ngelempar bom sama yang minjem!!MySpace
Ada juga salah satu novel Agatha Cristie saya yang dipinjem temen saya (tapi orang yang berbeda) malah lebih parah lagi. Sampul depannya sobek, lecek bagian dalamnya, ada beberapa halaman berbekas saos tomat atau kecap atau entah itu apa, dan terakhir, kotor!! Huh!! saya sebel bgt sama peminjam itu, sampai sekarang kalau dia mau pinjem novel ke saya selalu saya kasih alasan macem-macem.
Paling sebel deh kalo liat novelku yang model gitu. Ck, bukan apa-apa. Saya toh juga ga minta novel saya dibalikin dalam keadaan bersampul, tapi ya kalau kita minjem barang orang itu bukankah sudah menjadi kewajiban kita buat merawat. Yah paling tidak dengan cara ngasih pembatas buku kalau nandain halaman terakhir yang barusan dibaca. Atau jangan naruh novel itu di tempat tidur, karena siapa tau bakalan ga sengaja ketindih badan kita atau orang lain yang naik ke tempat tidur.
Ada beberapa novelku yang lecek, kalau sudah lecek gitu aku jadi sebel... banget liatnya. Mau baca juga males duluan begitu liat kalo lecek gitu.
Dan ada beberapa novel saya yang gak balik setelah dipinjem. Sebenernya saya masih inget bener siapa yang minjem, tapi masa saya yang nagih-nagih dia buat balikin, kesadaran dia dong seharusnya buat balikin barang yang dia pinjem. MySpace
Ckckck, gini nih.. Kalo sudah kaya gitu bukan salah saya kan marah sama mereka. Kadangkala, toleransi terhadap sesama teman pun ada batasnya MySpace

Wednesday, March 18, 2009

My Journey to The Past

Haha... Last night i met my ex boyfriend. He was my BF about 2 years ago, when i was a new university student.
He is studying in Australia now. He just came home for his Brother Wedding next Saturday.
I didn't know if he would come to my house. I was attending my Economics and Political Development till about 6 o'clock in the afternoon. His car has already in front my house when I arrived.
Wow, What a Surprise!! Last time we had a phone call he told me that he wouldn't come for that wedding because he has so many assignment that have to be done before March 28th. But yeah, he lied me. He just came by to see that party.
I was yelled when i saw him. yeah, Yelled. then i just hug him and pated his head. hahaha... you know, its very nice to saw him again.
What did we talk? hahaha... mostly we talked about his college. His trip to new zealand last month, about Opera House, Koala, and all about Aussie.
He told me that Canberra is the most Quiet Capital City in the world. Mall closed at 6 o'clock. no club, very rare prostitution there. Malang are more crowded and busy than Canberra in general. He also told me that Kiwi in New Zealand is very cheap. Last time I bougt a Kiwi, its IDR 9000 in Hypermart. In new Zealand we got many kiwi with that money.
most thing that he miss when he stay there for last 6 months is, he really miss adzan in the afternoon. He said that he only can heard the Adzan in his Mac Book. it caused he cant heard Adzan there.
He also told about his Room Mate, the one who thinks that a day without sex or kissing a girl is a hell day! it really disturb. So that he wants to move out next month. I just hope that he wont ever contaminated by his roommate.
I'm really really happy seeing him again. He is really my Best friend after we Broke up. Thank to 3 (three) who has cheap bills to made a call to Aussie. So that i still can talk to him when i have a problem.

Talking about Ex, I have 2 which taking college abroad. This One, taking master in Aussie, and the Others is in UK for Bachelor Degree. Ho, i really want to go there like them. Aussie, UK, Germany, or Maybe Italy. Now just Pray that My Beloved GOD give me that big Luck so that i can go abroad for my master. Amin....

Tuesday, March 17, 2009

My Day (or maybe should i call it mayday)

I was expelled by my lecture from my civil services class with other 20 peoples because i didn't brought my civil services book. it was disappointed me so much because last week i didn't attended that class. And as my friends told me before, there were no assignment or announcement that told us to bring The "Administrasi Kepegawaian Sipil" book for today's lesson. MySpace
My lecture asked us "which person in this class whom left her/his book at home?" after that almost 25 people raised their hand, whereas my civil society class only has 40-43 members. it means almost half whom not bring that book. But that shit lecture not give her sorry to us and expelled all people whom not bring the book.MySpace
Oh Shit, it affected my presence! Brawijaya University only give 3 times tolerance to absent. And i've already use it 2 times for my civil society class.
Oh Gosh. How i hate that lecture so much!! She always makes our class boring, talking about MLM is her weekly hobby, always talk about something that not related to our lessons. I wish, when the time comes for me to doing my thesis she wont be my tutor. If it happens, oh no.......... i cant imagine what will happen next.
After went out from my class, me, alvi, annisa, ony, and also Andyan are trying to finish our On The Job Training Proposal. We would go to Tax Office in Merdeka Street for our OJT next. Yeah, my journey for finishing my college education has began.MySpace OJT, OJT report, Final Exam, Thesis, finally facing the "real world"
Just wish me luck for you all MySpace

Monday, March 16, 2009

Sunday, March 15, 2009

Kediri



Ihik... Jadi ceritanya sekarang saya lagi kangen sama kota saya tercinta.
Gara-garanya Kemarin Malem di telfon temen saya, terus tadi iseng blogwalking ke Blog temen saya dan saya nemu Blog Wong Kediri Jadi semakin menjadi-jadi deh townsick-nya
Temen saya yang Nelfon saya itu asli orang malang tapi dia sedang mudik ke Kediri karena neneknya sakit. Dia bilang sama saya Kalau many things have changed from kediri.
Salah satunya adalah Kediri yang menurutnya semakin macet, ga beda sama Malang. Dan satu lagi dia mulai banyak ketemu cewek-cewek berbaju seksi dan tanpa malu-malu merokok di muka umum.
Dasar dia emang niat bikin saya makin kangen pengen pulang ke Kediri, dia makin gencar ngomporin, pas dia makan malam di Nasi Doreng depan Danamon JL.Brawijaya dia nelfon saya dan dengan tidak berdosanya bilang kalo dia barusan abis 2 piring nasi goreng itu.
Dan lagi, tadi pagi dia sarapan Nasi tumpang dan diulangi lagi itu kelakuan yang bikin saya jadi termehek-mehek pengen pulang. Dasar........
Tapi memang banyak hal dari Kediri yang tidak bisa saya temui di Malang yang (sudah tidak) Dingin ini. Terutama Kuliner a.k.a Makanannya. Mungkin karena saya emang dari kecil tinggalnya di Kediri ya, jadi Lidah ini tidak terbiasa sama Makanan Malang yang menurut orang asli malang enak itu.
Disini ga ada tuh Nasi Tumpang yang seenak Nasi Tumpang JL.Brawijaya, Kalo Ibu penjual itu buka cabang disini, saya bakalan jadi pembeli setianya pasti.
Cari soto yang seenak Soto Bok Ijo?? Ga Ada juga! Soto disini encer, ga gurih. Cari Nasi Goreng seenak Nasi Goreng Pak Pendek?? Malah lebih ga ada lagi! Menurut lidah saya, Nasi Goreng Malang itu cita Rasanya ga senikmat Nasi Goreng Kediri. Apa karena Nasi Goreng Malang dimasaknya bareng-bareng 5 porsi sekaligus? apa karena Nasi Goreng Malang masaknya ga pake areng ya??

Cari Gule Kambing seenak Gule Mbak Nanik di Banjaran Gang 2 yang tempatnya tepat di depan rumah nenek saya itu? Halah! Belom pernah selama di Malang ini saya makan Gule Kambing yang rasanya selegit itu....

foto diatas itu Foto Bakso kikil kesukaan saya yang ada di Jalan Airlangga

Hahaha... Memang banyak yang saya kangeni dari Kampung halaman saya itu, setelah berbulan-bulan ga pulang, yang dulu sempet saya maki-maki pas saya masih SMA karena menurut saya sepi bin sunyi ga serame kota Malang ini. Tapi ternyata kalo malem jauh lebih gampang beli makanan di Kediri daripada di sini yang penjual makanannya jam 9 uda pada mulai beres-beres. Kecuali McD dan KFC-nya yang buka 24 jam itu.
Kangen Jalan-jalan pagi sama Papa saya di hari sabtu pagi, lewat jalan tikus sampai ke Simpang Lima Gumul nan bagus itu. Saya suka bgt SLG, bukan karena bangunannya yang mirip Arc de Triomphe di Paris, Perancis tapi karena disekitarnya masih ijo. sawah-sawah luas bgt. Ga rela deh kalo ntar di daerah sana jadi kawasan bisnis.

Saya kangen naik motor sore-sore. Rute saya biasanya dari Rumah saya di Jalan Pamenang, Ke Jalan Sukarno Hatta, berenti di Indomart dulu beli minuman, trus ke arah kota lewat Jalan A.Yani, Kuwak, belok ke P.K Bangsa, kadang berenti sebentar di Mantan sekolah saya SD Banjaran 2, trus jalan lagi lewat Jalan Hayam Wuruk, Belok Jalan Dhoho, trus ke Patimura, Pasar Paing, trus belok ke rumah mbah saya via pertigaan kecil depan Pasar Paing itu.

Suasana Kediri di Sore hari ga ada yang ngalahin pokoknya. kalo di Malang cuma kalah sama suasana pagi di Jalan Ijen yang adem itu.
Ah, Kediri. Kota tercinta yang bakalan kukangeni ketika kelak aku merantau ke tempat jauh.


Saya baru tau kalo cat depan Kediri Mall itu Orange. Terakhir saya pulang masih belom gini. Denger-denger track parkirnya ekstrem. lebih ekstrem dari jalan naik parkirnya Matos. tar kapan2 kalo pulang pengen nyoba deh.

aku suka tampilan baru Pasar Paing. Jadi bersih, ga semrawut kaya dulu.

Dhoho Plasa (doplas) baru sekali masuk ke dalam sini sejak dibuka taun lalu.

Foto diatas bukan 21 Matos, tapi bioskop Golden Kediri yang kata adek saya makin mirip 21, termasuk harga tiketnya. Hahaha...! aku uda lama bgt ga nntn disana. terakhir pas Kelas 3 SMA, berarti 3 tahun yang lalu.

Inilah makanan Legendaris kediri yang selalu bikin kangen dan juga titipan saya yang paling utama kalo ada Keluarga dari kediri yang pergi ke Malang. Nasi Tumpang!! Yeah!!

Wednesday, March 11, 2009

Homework From Neno

Ok, I've tagged by Neno few weeks ago. I'm so sorry karena akir2 ini suka sok sibuk jadi baru dikerjain sekarang hehehe... Ini tag dari sarah Thx u both

#1 This is the award




And Here are the rules:
1. Put this award on your blog(s).
2. Put your very or the most aib (silly, shame, weird, whatever!) photo with no editing of course.
3. Give this award to people you know (at least 2).

Here is the photo.. *be ready!!!*


Why did I choose this photo : it was 2 in the afternoon, waiting our class at 4. we chat, gossiping, insulting, my friends did this candid foto with my Laptop, then they showed me this photo. its natural (but ugly) without lipbalm, powder, or even sweet pose. it was embarrassing me because they uploaded this photo to our class friendster (but it has been deleted)MySpace

I think aib is : something that mustn't show to other people

The most aib person : Saiful Jamil, Dewi Persik, Aldiansyah Taher, Rahma Azari, Sarah Azhari, Julia Perez MySpace

Friday, March 6, 2009

Pet Society



Jadi ceritanya saya sekarang ini lagi kecanduan maen Pet Society di Facebook .Dan Pet Society ini (dan plurk juga) adalah alasan utama kenapa sekarang friendster saya agak terlantar. hehehe... MySpace
Selain punya peliharaaan Kelinci beneran, punya kelinci di Facebook ternyata seru juga. kelincinya lucu pula, warnanya pink.MySpace


Peliharaan saya ini namanya Phillia. Saya sayang dong sama dia, secara dia lucu, disuruh ngapa-ngapain nurut, ga pernah gigit pula. ga kaya si cilik, kelinci saya yang beneran. hehehe.... ya iyalah... namanya juga virtual pet, disuruh ngapa2in pasti nurut.MySpace
Kata temen-temen saya yang lebih dahulu main game ini daripada saya (soalnya saya mainnya baru sebulanan ini) game ini tuh agak ngebosenin. soalnya mainnya gitu-gitu aja.
Er... iya sih menurut saya memang kadangkala game ini bikin males.. soalnya buat ngedapetin uang yang banyak harus ngunjungin friend kita yang lain. dan friend di friend list saya ada 60 lebih. Kebayang dong, tiap hari harus mengunjungi 60 orang kalo pengen dapet banyak uang. nge-kliknya itu lo yang kadang-kadang bikin males... soalnya bener-bener harus satu-satu. kalo ga gitu ya ga dapet uang deh....
Tapi kebosanan itu sepenuhnya eorth it setelah dapet uang, pergi ke toko dan dapet barang-barang baru. pas beli barang baru itu rasanya puas.... banget. serasa shoping beneran.MySpace
Tapi yang bikin kesel, saya ini kalo ikut taruhan pet race kok jarang menang ya.. kalah... melulu.MySpace ga bakat judi paling ya..
Di petsociety ini yang saya sayangkan cuma 1. Dapet uangnya lama.. udah gitu cuma sedikit. Padahal ada satu store yang khusus buat barang-barang lux alias mewah (dan mahal). di store itu harga barangnya diatas tiga ribu. Ck, padahal saya ini ngedapetin uang tiga ribu itu perlu 2 hari main lo.
FYI, di Pet society itu dapet uang lewat kunjungan hanya bisa satu kali sehari. jadi kalau kita sudah berkunjung ke teman yang itu, dan kita berkunjung balik ke sana ga bakalan dapet uang lagi. dan dapet uang lewat pet race juga dibatesin 10x aja dalam sehari.
Jadi masih cita-cita dalam hati aja beli piano, tempat tidur yang harganya 15000 coin, sama dress imut yang harganya 7500 coin. MySpace
Cara dapet uang selain visiting friends, ikut pet race,taruhan, dan main sama pet kita bisa juga lewat daily lottery nih. Jumlah maksimalnya kalau ga salah 1000 coin. tapi saya belom pernah dapet ini. selama ini maksimal masih 500 coins saja. Tapi sudah 2 hari ini dapetnya cuma 50 coin. melas....MySpace
Em.. saya punya tips nih buat pecinta pet society hasil nanya sama mbah gugel, biar bisa ningkatin Paw Points walaupun sedikit-sedikit juga lumayan nambah uang dikit2. Buat yang sudah tau ya sudah.. saya kasih tau yang belom tau kok. hehehe....
Selagi ada di rumah teman, kalo temen lom mandi sekalian dimandiin, trus disikatin deh biar happiness nya penuh. Lumayan dapet coins & paw points jg.
Hobi mandiin temen? Save aja game kamu setelah selesai kunjungi teman (balik ke rumah, klik gambar disket), load ulang Pet Society, trus kunjungi lagi temen yg jorok itu. Stat nya balik se semula lagi
Keluar rumah, jalan² lewatin pohon. Kadang² pohonnya drop 1 coin. Bisa dilakukan tiap kali keluar rumah (masuk ke rumah/toko manapun, abis itu keluar lagi, bisa dapet coin lagi).
Saat race / practice di stadium, klik semua kulit pisang. Kalo beruntung bisa dapat 1 coin. Yah dikit2 menjadi bukit. Main Frisbee, bola, atau jumprope untuk dapetin coins. lumayan lah, ntar kalo dapet piala juga bisa tambah2 koleksi pajangan.
Feed you pet with the cheapest food. Contohnya apel, harganya 5 coin. Untuk 1 apel yg dimakan, dapat 17 paw points kalo ga salah. Kalo kasi makan yg mahal, dapaet point tetep segitu. Jadi mendingan kasih yg murah, bisa lebih banyak dapet points sebelom health bar nya penuh

Tips buat ikutan Pet Race
1. Perhatikan si pembawa bendera. Setelah bendera nya terangkat, alisnya bakal naik turun 3x sebelum tanda Go keliatan. Klik pet km sesaat sebelum tulisan Go muncul. You'll have a head start. Pet yg lain bakal mulai lari setelah tulisan Go hilang (huahaha.. stupid pets!)
2. Usahakan pada saat melewati boost pad, klik pet saat pad berwarna hijau, supaya lebih lama dapet boost nya. Kecuali untuk boost pad terakhir, kalo ampir kalah sama lawan, klik pet saat pad nya warna kuning, kemungkinan bisa lebih cepat sampai di garis finish.
3. Untuk rintangan yg ada kolam air setelahnya, setelah pet mendarat dan masuk kolam, lgs klik lg pet supaya lompat keluar dr air. Lebih cepet drpd pet lu lari² di air. Lakukan trik ini hanya kalau setelahnya ga ada rintangan lagi.
4. Berusaha dan berdoa supaya ga jatoh 1 kali pun MySpace

itulah... tips n trick yang saya kumpulkan dari nasihat mbah gugel. hehehe.... ada sih cheat-nya di youtube, tapi saya males pake cheat. pengen ngerasain asyiknya beli barang-barang pake hasil jerih payah. Trus juga katanya yang make cheat itu bisa di banned sama adminnya pet society. saya ga mau ambil resiko deh... tar kalo ga bisa mainin Phill saya bisa berabetuh. hehehe....
Buat temen-temen FB saya yang belom maen game ini, maen dong... biar temen saya tambah banyak. Seru kok.... bktinya saya aja kecanduan..
hehehe....MySpace