Sunday, April 25, 2010

Putih Abu-abu ku

punya kan kenangan jaman SMA? Saya punya, banyak malah. Dan lately, kenangan-kenangan itu tiba-tiba suka popping up gitu aja karena liat atau bahas hal-hal kecil.

Dan kemarin, saya balik mengunjungi sekolah saya masa SMA. Setelah sekian lama saya nggak kesana (atau lebih tepatnya menghindari pergi kesana) Sabtu malam kemarin saya balik kesana, berdiri di depan gedung yang saya kunjungi secara rutin dalam salah satu masa kehidupan saya, berdiri di tempat yang menyimpan begitu banyak kenangan (kebanyakan kenangan manis) jujur saja bikin euforia tersendiri di dalam hati saya.

Dulu saya bukan termasuk top list orang-orang populer di sekolah, tapi juga bukan orang-orang yang cuma punya 1 teman dari setiap kelas. Saya selalu lebih suka ada di tengah-tengah. orang netral yang bisa jadi bagian geng hore tapi nggak pernah canggung ngobrol bareng orang-orang yang dianggap "nggak banget"

Saya dulu bandel, jujur. Tapi bandel yang masih ada di taraf yang bisa ditoleransi, bandel yang umum bandelnya anak SMA. Saya pernah bolos (terutama jam pelajaran fisika dan kimia, euh) saya sering datang telat sampai dikunciin di gerbang depan. Bahkan saya pernah dikejar-kejar guru sampai rok saya sobek jahitan pinggirnya karena saya lompat jendela kantin demi melarikan diri ke sawah belakang sekolah.

Sangking banyaknya kenakalan saya, kalau saya ketemu guru-guru SMA saya malah beliau-beliau yang mengingatkan saya kembali kenakalan apa yang membuat beliau-beliau ketika itu pengen sekali menjewer telinga saya sampai saya meringis kesakitan. Bahkan Bapak ibu guru saya SMA, terutama yang kelas 2 dan 3 masih bisa menceritakan secara jelas "amal" baik atau "amal jelek apa yang pernah saya lakukan dulu yang bahkan saya sendiri lupa pernah melakukan perbuatan itu dan baru ingat ketika diingatkan :p

anehnya saya nggak pernah menyesal tuh pernah melakukan hal-hal yang jelas bikin guru-guru saya berdecak kesal ketika memergoki saya tersenyum polos sambil makan soto ayam di kantin ketika jam pelajaran kimia di kelas sedang berlangsung. Saya jadi punya kenangan manis yang bisa bikin saya senyum-senyum dan dada saya nyesek karena terharu pengen mengulang masa-masa tersebut.

Saya juga punya orang-orang yang saya sebut sahabat waktu itu. sahabat yang benar-benar shoulder to cry on sekaligus teman gila-gilaan ketika saya suntuk dengan PR atau jadwal bimbel dan les yang bikin saya demam mendadak.

Masa SMA terlewati begitu saja, merasa baru kemarin PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) ketika saya harus duduk di kelas untuk menghadapi UAN. Masa SMA saya berlalu seperti berlari dan tiba-tiba saja saya sadar saya harus mengisi formulir SPMB ketika rasanya belum puas saya berlari mengejar ketertinggalan saya menghafal rumus matematika dan fisika.

Pada part hidup itu juga saya mengalami rasa yang dibilang orang-orang perasaan jatuh cinta pertama kali. Dan sialnya, saya juga mengalami bahwa apa yang dibilang orang-orang itu benar, jatuh cinta yang pertama itu kebanyakan bekasnya susah hilang, bahkan sangking susah hilangnya saya masih ingat rasanya dan masih merasakannya sampai sekarang dengan orang yang sama yang saya lihat berdiri di depan Lab Fisika sore hari itu.

Sabtu malam itu saya berdiri di depan sekolah saya yang entah mengandung magnet apa sampai membuat kenangan lama yang bahkan sebagian sudah terlupakan mendesak-desak keluar dari pikiran saya sampai saya sendiri bingung mau ketawa atau nangis terharu.

Saya percaya 1000 persen masa SMA adalah masa-masa paling berkesan dalam hidup, saya sendiri juga nggak tau kenapa sampai bisa segitu berkesannya, yang jelas saya merasakan sendiri betapa tidak terlupakannya masa-masa sekolah saya waktu itu dan saya yakin juga 1000 persen bahwa saya tidak akan pernah lupa sampai suatu hari saya sudah tua dan kembali berdiri di depan gedung sekolah saya, SMA Negeri 2 Kediri

No comments: