Monday, May 4, 2009

Fenomena "kawin cerai" di Facebook

Postingan ini adalah sebagian bentuk kekecewaan saya terhadap makin tidak eksklusifnya Facebook. Facebook sekarang makin mirip Friendster dengan orang-orang di dalamnya yang memajang foto yang bukan wajahnya sendiri, nama di Profil yang dikasih embel-embel "cantiq", "loetchu" "imoed" dan sejenisnya. Kecewa saya sama FB yang sekarang.

Pernah ga kalian memperhatikan status temen di Facebookapakah itu single, it's complicated, in a relationship, atau married? Saya pernah, sering malah.
Jadi ceritanya ada adik kelas saya yang beru lulus tahun 2008 ini. Di Facebooknya dia menulis statusnya married to ... beserta nama "suami"nya.
Beberapa waktu kemudian ada temen saya yang naksir sama si adik kelas ini (selanjutnya kita sebut saja si A. hehehe.. ky di koran ya)nanya ke saya "Eh, jeng. Si A itu udah nikah ya? MBA toh kok abis lulus terus langsung nikah. FYI, temen saya yang nanya itu care banget sama keabsahan status dan info di FB, jadi dia selalu menganggap apa yang ditulis disitu sama dengan kenyataan.
karena saya blm add si A Jadi penasaran, maka saya add lah dia dan pas saya lihat statusnya memang married, saya jadi mikir-mikir dong, apa dia married beneran ya...
Usut punya usut, pas saya nanya ke temen-temennya yang kebetulan lumayan akrab sama saya, ternyata status itu dibuat karena dia cinta mati sama pacarnya sekarang (waktu itu FB msh eksklusif, mkny saya sempet mikir kalau dia married beneran) Oh, ternyata status palsu toooohh... Jadi inget lagunya Vidi Aldiano.
Beberapa waktu kemudian, di sidebar FB saya ada report bahwa Si A is now single. Ketawa gelilah saya went from married to single means divorce, right? Untung aja FB ga kejam, kl kejam orang yang tdinya married trus single bisa direport si A is now Divorced. Maluuuuuuuuuuu
Ada lagi cerita lucu, kalau yang ini sering dijadikan olok2 sama temen-temen saya.
Jadi ada temen adik sepupu saya yang masih baru selesai UAN SMP kemaren ini. Jadi umurnya msh 14-15 lah. Dan dia statusnya sudah married to. Yang bikin terkikik-kikik geli, mungkin setelah beberapa waktu, cinta matinya sama pacarnya sampai bikin status gitu berubah jadi benci setengah mati ya. Akhirnya dia turning jadi single lagi. Setelah beberapa waktu, stat-nya jadi married lagi dan know what? nama "suami"-nya beda lagi. hahaha...
Inilah yang bikin temen saya mengolok-olok soal status ini. Mereka sering bilang "Makanya kita jangan cepet-cepet mutusin nikah. apalagi majang-majang stat married to beserta nama "suami" di Facebook. Gila, kalau suatu saat cerai trus nikah lagi kan malu kalau ketauan suami kita ganti-ganti. Coba liat tuh, anak 15 taun aja suaminyaudah ganti 3 kali. kita yg segede gini blm pernah nikah sama sekali"
Hahaha...
kalau saya pribadi sih, secinta-cintanya saya sama pacar saya, ga pernah tuh majang status married. Di FS, FB, atau Plurk. Repot kalo ditanya-tanya. Kalau lg in a relationship ya tulis in a relationship ajja..

Makanya buat temen-temen yang mampir ke blog ini. sekalian saya mau kasih pesen nih. Tulis aja stat atau info di FB sesuai keadaan kita. jgn ditambah-tambahin atau dikurang-kurangin. Udah g jaman nulis identitas palsu atau status palsu di dunia maya. Its so out of date!

8 comments:

lz tamie jinki ^^ said...

hahaha, setuju kak.. suka bingung, apakah dirinya sebegitu eksklusifnya, sampe orang gag blh tau keadaan qta yg sebenernya? *beuh.. so alim begini ci el.. wkakak :DD*

Ajeng Sueztika Constitusia said...

Elena: ho'oh dek. lagian kan ga ada ruginya juga nulis yang sebenarnya. Artis aja sekarang ga pake rahasia-rahasia, kenapa kita yg orang biasa jadi sok artis
Ya ngga?? :D

Stephanie Zen said...

setuju banget jeng, sekarang jadi rada kecewa sama FB yang penuh orang cantiq-imoet-maniez itu :( terus fenomena kawin-cerainya seperti yg kamu blg ini, ckck.. ga banget deh :(

nengbiker said...

jadi ajeng ntar merit sama sapah?


:))

Devi angraeni ia said...

setujuh... ahahah... gag suka juga tuh, klo ada yang nge add pake nama2 aneh... hehehe

Anastasia said...

ahaha, gak ngebayangin jeng kalo ntar aku baca news feed tulisannya A is now divorced. hwakakak,,

Ajeng Sueztika Constitusia said...

Steph: Iya steph, uda mulai kaya FS ni skrg FB. Mulai gatel nge-remove orang yang suka nulis stat pake HuRuF GeDE KeCiL. Aaarrrrggghhh....

Nengbiker: yang jelas ngga sama anda. tar saya bisa dihajar jin Aladin hehehehe

PutriDevi: Kalau ada yg gitu tanpa ampun lgsg ta ignore mbak :P

Anas: Nah, makanya itu. untung FB ga bikin news feed gitu. kalo gitu kan yg divorced kan maluuuu hehehe

Titish said...

Yg lucu tu yg suka pasang statusnya 'in an open relationship'
Padahal kan artinya....